Turis ASEAN jadi pasar potensial pariwisata DIY

wisatawan asing yang berasal dari sejumlah negara pada wilayah asean merupakan pasar potensial yang bisa ditekuni lebih serius dengan para pelaku pariwisata selama diy.

berdasarkan grafik kunjungan wisatawan asing ke diy, persentasi wisatawan dari negara-negara asean terlebih singapura, malaysia juga thailand selalu mengalami peningkatan yang menggembirakan, papar ketua association of the indonesia tours and travels (asita) yogyakarta edwin ismedi himna selama yogyakarta, jumat.

menurut dia, tingginya jumlah wisatawan asing daripada asean dan berkunjung ke yogyakarta dipengaruhi oleh sejumlah aspek semisal jarak yang tak begitu jauh dan transportasi yang semakin tidak sulit.

upaya untuk memperbaiki kunjungan wisatawan asing khususnya dari asean akan dilaksanakan dengan upaya beriklan, salah satunya yang paling gampat ditempuh adalah jogja travel mart 2013 yang hendak diadakan dalam 5--8 mei.

Informasi Lainnya:

edwin menyampaikan, selama kegiatan beriklan pariwisata tersebut, setidaknya mau dikuti dengan 130 buyers daripada sejumlah negara semisal pelaku wisata dalam malaysia, singapura, thailand, australia, korea, jepang, rusia serta india.

selain dikuti pelaku wisata daripada luar negeri, kegiatan itu serta hendak dihadiri oleh sekitar 55 buyers domestik dan serta baru adalah pasar potensial kepada pelaku wisata di diy.

kami mau mengajak para pelaku wisata tersebut mengunjungi sejumlah website lokasi wisata dan ada pada yogyakarta dan sekitarnya supaya lebih memberitahukan tujuan-tujuan wisata itu pada wisatawan asing, ujarnya.

sejumlah objek wisata wisata yang ingin didatangi pada antaranya lava tour merapi membeli jeep, juga sejumlah wisata budaya dan telah menjadi ikon yogyakarta seperti malioboro, keraton yogyakarta dan serta candi borobudur.

berdasarkan data daripada dinas pariwisata diy dalam 2012, wisatawan yang berkunjung ke diy mencapai 2,4 juta pihak, dan 190.000 selama antaranya adalah wisatawan asing. kasus wisatawan asing itu mengalami kenaikan 18 persen dibanding tahun sebelumnya.

wisatawan asing dan paling banyak berkunjung ke yogyakarta berasal daripada belanda, perancis, malaysia, singapura serta australia.

kami berharap, melalui jogja travel mart ini, kunjungan wisatawan daripada negara-negara asean dapat terus meningkat. terlebih, ingin ada wisata minat khusus yang menantang, semisal arung jeram pada sungai progo, panjat tebing selama pantai siung, jelajah goa dan lainnya, kata kepala jenis pemasaran dinas pariwisata diy heri lencono.