36,9 persen bacaleg PKS Sumbar politisi perempuan

sebanyak 24 orang dari total 65 kader partai keadilan sejahtera (pks) yang didaftarkan pengurus partai ini ke komisi pemilihan uumum (kpu) sumatera barat (sumbar) untuk bertarung dalam pemilu 2014 berasal daripada kalangan politisi wanita.

artinya persentase bakal calon legislatif (bacaleg) kalangan wanita yang didaftarkan supaya pemilu 2014 pks mencapai 36,9 persen, tutur sekretaris dpd pks sumbar, gustami hidayat di padang, minggu.

persentase bacaleg perempuan pks tersebut jauh diatas ketentuan uu pemilu dan membuat politisi dan didaftarkan untuk pemilu mesti memenuhi keterwakilan 30 persen perempuan.

menurut dia, 65 bacaleg dan didaftarkan ke kpu sumbar adalah para kader partai terbaik dan ditargetkan dapat merebut 20 kursi dprd sumbar selama pemilu 2014.

Informasi Lainnya:

ia menyebutkan, dari 65 bacaleg pks itu, 40 persen merupakan dari kader partai, 40 persen dari berbagai tokoh, juga 20 persen dari kelompok masyarakat simpatisan partai ini.

terpenuhinya ketentuan 30 persen keterwakilan kalangan hawa, dan dipenuhi pks selama daftar calon legislatifnya agar dprd kota padang dan telah didaftarkan ke kpu kota tersebut.

bacaleg agar dprd padang selama pemilu 2014 didaftarkan pks ke kpu setempat mencapai 33,3 persen.

dari 45 orang bacaleg didaftarkan pks ke kpu padang agar bertarung pada pemilu 2014, 15 orang keduanya daripada kalangan hawa ataupun mencapai 33,3 persen, papar ketua dpd pks padang, muhidi.

terkait nomor urut pencalonan bacaleg, menurut dia, tidak merupakan persoalan serta para kader dan diusul tidak menjadikan hal tersebut dibuat yang utama, sebab mereka menyadari nomor urut tidak menentukan terpilih atau tak benar bacaleg dalam pemilu setelah itu.

para bacaleg pks menyadari kinerja di tengah penduduk serta skill figur dan benar-benar menyatu juga dapat berkarya dengan rakyat lebih bermanfaat daripada selama soal nomor urut, katanya.

terkait target pks dalam pemilu 2014, ia menungkapkan, partainya bertekad mampu meraih 30 persen kursi pada dprd kota padang atau menempatkan 15 kader pks dibuat anggota legislatif di kota ini.