Pemerintah siapkan kompetensi kehumasan

dirjen Informasi dan komunikasi publik kementerian komunikasi juga informatika, freddy h tulung, menungkapkan pemerintah mau menerapkan kompetensi bidang kehumasan supaya memperkuat fungsi pada menungkapkan pesan-pesan pemerintah kepada umum.

selama ini, humas seolah-olah hanya jabatan karir oleh karenanya mereka tidak punya kompetensi agar itu, ujar freddy h tulung dalam sela-sela seminar bakohumas regional indonesia tengah pada pontianak, selasa.

menurut dia, telah sepatutnya bekerja selama bidang humas menimbulkan aturan main berupa kode etik.

ia melanjutkan, kode etik kehumasan sudah disepakati dengan persatuan kehumasan, baik dibandingkan kelompok masyarakat pemerintah maupun swasta.

untuk mengetahui kode etik, pasti mesti sediakan kompetensi di jenis itu. semisal wartawan, juga punya kode etik, ujar dia.

Baca: Menurunkan Berat Badan - Melangsingkan Badan - Melangsingkan Perut

ia menambahkan, humas--terutama pemerintah--mempunyai fungsi agar mengatakan kebijakan publik, memiliki kepekaan dalam menyerap masukan penduduk, serta memberi edukasi kepada umum.

freddy juga mengingatkan fungsi dan tak tidak rumit itu mencari petugas humas mesti mempunyai standar kompetensi tertentu.

nanti akan ada semacam sertifikat bagi humas dan telah lulus kompetensi. kami akan menyertakan bagian ketiga, rencananya dengan london school of public relations, kata dia.