Rusia tangkap 140 warga muslim

petugas keamanan rusia menjerat 140 warga muslim dalam suatu mushala dalam moskow pada jumat, dijadikan upaya untuk menggunakan kelompok milisi islam, lapor kantor berita rusia yang mengutip dinas keamanan federal rusia (fsb).

fsb serta dinas migrasi federal membawa mereka yang ditangkap, termasuk 30 warga asing, ke kantor polisi gampat ditempuh objek wisata selama wilayah utara moskow, tulis kantor berita ria novosti yang mengutip fsb cabang moskow.

tidak ada indikasi keterkaitan antara serangan terhadap boston marathon selama 15 april kemarin dengan penangkapan tersebut, meski sampai kini pemerintah as tetap meyakini dua bersaudara etnis chechnya yang terserah selama wilayah kaukasus utara rusia bertanggung jawab atas meledaknya bom yang menewaskan tiga orang juga melukai 264 pihak tersebut.

presiden vladimir putin selama siaran televisi selama kamis menyatakan bahwa pengeboman boston merupakan bukti kiranya sikap tegasnya pada milisi dalam kaukasus utara pada ini berdasar. dengan demikian daripada tersebut putin merasa bahwa rusia serta amerika serikat usah berusaha sama selama hal memenangkan grup milisi tersebut.

Informasi Lainnya:

ria novosti mencatat kiranya otoritas penegak hukum mengatakan sejumlah orang yang sedang berada dalam web peribadatan dalam masa 2012 seringkali berkaitan dengan pemberontakan milisi islam selama wilayah kaukasus utara.

tetapi para kritikus menungkapkan bahwa penggerebakan semacam itu sesungguhnya bertujuan untuk mengusir kaum imigran ilegal dari bekas republik soviet dalam kaukasus selatan dan asia tengah, sekaligus menunjukkan bahwa pemerintah mengambil tindakan pada grup islamis.

ria melaporkan bahwa mereka yang ditangkap dibawa ke kantor polisi supaya diidentifikasi dan diinterogasi. namun, tak banyak laporan mengenai benar pun dan ingin ditahan. televisi pemerintah menayangkan gambar para pria dan berbaris menaiki sebuah bus polisi sesudah ditahan.

sebanyak 300 orang lainnya juga ditahan di penggerebekan serupa di st. petersburg di februari kemarin, biarpun ada besar dari mereka kemudian dibebaskan.

ria melaporkan kiranya salah Salah satu masyarakat betul chechnya sudah bergabung melalui pemberontakan setelah mengunjungi website peribadatan dan dilaporkan orang tersebut sudah tewas dalam oktober 2011. tapi, fsb serta pejabat dinas migrasi rusia menolak mengonfirmasi hal itu.